PENDAMPINGAN PEMBUATAN PROTOTIPE PERANGKAT AJAR BAHASA INGGRIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAMBI

Authors

  • Ella Masita UNIVERSITAS JAMBI
  • Marzul Hidayat Universitas Jambi
  • Fortunasari Fortunasari Universitas Jambi
  • Amirul Mukminin Universitas Jambi
  • Muhammad Gowon Universitas Jambi
  • Saiful Effendi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1670

Abstract

Sebagai seorang guru profesional, kemampuan untuk memahami kurikulum pendidikan nasional merupakan hal yang sangat penting demi mewujudkan tujuan pendidikan yang diharapkan dalam kurikulum tersebut. Selain itu, guru juga dituntut untuk mampu membuat perangkat ajar sesuai dengan tujuan dan rambu-rambu yang sudah ditetapkan di dalam kurikulum pendidikan tersebut. Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum pendidikan nasional Indonesia yang baru diluncurkan secara resmi pada tahun 2022 yang lalu memiliki karakteristik perangkat ajar yang jauh berbeda dibandingkan dengan karakteristik perangkat ajar di Kurikulum 2013 pendahulunya. Karenanya, dipandang perluuntuk memberikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan kepada para guru sekolah dalam membuat perangkat ajar sebagaimana diamanatkan oleh Kurikulum Merdeka. Secara lebih spesifik, bidang studi yang dipilih adalah pembelajaran Bahasa Inggris karena merupakan expertise dari para dosen pelaksana kegiatan pengabdian kepada maysarakat ini, dalam hal ini kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) beserta guru Bahasa Inggris Tingkat SMA Kota Jambi sebagai mitra.

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Masita, E., Hidayat, M., Fortunasari, F., Mukminin, A. ., Gowon, M. ., & Effendi, S. . (2024). PENDAMPINGAN PEMBUATAN PROTOTIPE PERANGKAT AJAR BAHASA INGGRIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAMBI. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 587–590. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1670