PENDAMPINGAN PEMBUATAN PROTOTIPE PERANGKAT AJAR BAHASA INGGRIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1670Abstract
Sebagai seorang guru profesional, kemampuan untuk memahami kurikulum pendidikan nasional merupakan hal yang sangat penting demi mewujudkan tujuan pendidikan yang diharapkan dalam kurikulum tersebut. Selain itu, guru juga dituntut untuk mampu membuat perangkat ajar sesuai dengan tujuan dan rambu-rambu yang sudah ditetapkan di dalam kurikulum pendidikan tersebut. Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum pendidikan nasional Indonesia yang baru diluncurkan secara resmi pada tahun 2022 yang lalu memiliki karakteristik perangkat ajar yang jauh berbeda dibandingkan dengan karakteristik perangkat ajar di Kurikulum 2013 pendahulunya. Karenanya, dipandang perluuntuk memberikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan kepada para guru sekolah dalam membuat perangkat ajar sebagaimana diamanatkan oleh Kurikulum Merdeka. Secara lebih spesifik, bidang studi yang dipilih adalah pembelajaran Bahasa Inggris karena merupakan expertise dari para dosen pelaksana kegiatan pengabdian kepada maysarakat ini, dalam hal ini kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) beserta guru Bahasa Inggris Tingkat SMA Kota Jambi sebagai mitra.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ella Masita, Marzul Hidayat, Fortunasari Fortunasari, Amirul Mukminin, Muhammad Gowon, Saiful Effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).