Memaparkan Strategi Dan Motivasi Ide Bisnis Online Bagi Siswa/I SMA IT Tunas Bangsa

Authors

  • Ummu Salma Al Azizah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Darra Dinanti Firmansyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nawal Belindawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Galuh Azizah Ramadhanty Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rindah Aisyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.168

Abstract

Dalam dunia pendidikan, para pelajar mempunyai kewajiban untuk menuntut ilmu. Namun, kadang kala rasa jenuh sering menghampiri. Maka dari itu mereka melakukan kegiatan diluar aktivitas belajar dengan menjalankan bisnis online. Bisnis Online merupakan suatu aktivitas bisnis baik jasa maupun barang yang ditawarkan melalui media internet, mulai dari negosiasi hingga kegiatan transaksinya. Kegiatan ini bertujuan untuk pembekalan siswa/i SMAIT Tunas Bangsa agar berani memulai bisnis online karena zaman semakin berkembang, dibuktikan dengan maraknya pedagang yang beralih ke e-commerce karena banyaknya peminat belanja online yang dianggap lebih praktis dan mudah dijangkau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pendidikan yaitu Participatori Rural Appraisal (PRA) yang merupakan metode interaktif, partisipatif, dan eksploratif. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) menunjukan bahwa, rata-rata dari mereka ingin mempunyai bisnis di bidangnya masing-masing, akan tetapi mereka kesulitan untuk mengembangkan idenya dan mereka belum mengetahui srategi apa yang harus mereka lakukan agar bisnisnya tetap berkembang.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Al Azizah, U. S., Darra Dinanti Firmansyah, Nawal Belindawati, Galuh Azizah Ramadhanty, & Rindah Aisyah. (2023). Memaparkan Strategi Dan Motivasi Ide Bisnis Online Bagi Siswa/I SMA IT Tunas Bangsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 103–108. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.168