Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Administrasi Publik Untuk Meningkatkan Efesiensi Layanan Publik

Authors

  • Hasbiah Hasbiah IAIN Sorong
  • Tunggul Prasodjo Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Nur Imam Saifuloh STIE Mulia Pratama Bekasi
  • Anshar Daud Institut Teknologi & Bisnis Nobel Indonesia
  • Murtiadi Awaluddin UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1690

Abstract

Pengabdian ini bertujuan meningkatkan efisiensi layanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar melalui optimalisasi manajemen SDM dan teknologi OSS (Online Single Submission). Tantangan utamanya adalah rendahnya kompetensi SDM, resistensi terhadap teknologi baru, lambatnya proses perizinan, dan kurangnya evaluasi kinerja yang terukur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait kebijakan SDM dan pelayanan publik. Hasilnya, pelatihan terstruktur berhasil meningkatkan kompetensi pegawai, mempercepat perizinan, dan mengurangi resistensi terhadap teknologi. Sistem evaluasi kinerja berbasis target dan indikator meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan. Koordinasi antarunit juga meningkat berkat teknologi digital yang mempercepat alur kerja dan komunikasi. Rekomendasi utama mencakup pentingnya pelatihan berkelanjutan, manajemen kinerja, dan strategi perubahan untuk mendukung transformasi digital. Pengabdian ini berkontribusi pada peningkatan pelayanan publik yang lebih responsif, cepat, dan transparan di sektor perizinan.

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Hasbiah, H., Prasodjo, T. ., Saifuloh, N. I. ., Daud, A. ., & Awaluddin, M. . (2024). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Administrasi Publik Untuk Meningkatkan Efesiensi Layanan Publik . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 46–53. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1690