Sosialisasi Penilaian Portofolio Seni Untuk SNPMB Bagi SMA Sederajat di Kabupaten Mempawah

Authors

  • Dwi Oktariani Universitas Tanjungpura
  • Ismunandar Ismunandar Universitas Tanjungpura
  • Regaria Tindarika Universitas Tanjungpura
  • Mega Cantik Putri Aditya Universitas Tanjungpura
  • Aline Rizky Oktaviari Universitas Tanjungpura
  • Imma Fretisari Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1692

Abstract

Siswa-siswi SMA sederajat yang ingin melanjutkan ke PTN dengan tes portofolio pada program studi kesenian adalah sasaran dari program sosialisasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Mempawah dengan peserta para guru seni budaya tingkat SMA dan para siswa. Kegiatan ini bertujuan agar memudahkan para siswa dan guru dalam memahami perubahan kebijakan tata aturan masuk Perguruan Tinggi dengan sistem portofolio untuk proses seleksi masuk ke Perguruan Tinggi. Hasil kegiatan ini yaitu peserta kegiatan yang kemudian dapat menjadi fasilitator bagi siswa di SMA yang membutuhkan informasi mengenai sistem portofolio yang menjadi aturan baru untuk proses seleksi masuk ke Prodi Pendidikan Seni. Pelatihan ini sebagai hasil Kerjasama antara pelaksana dan mitra program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura. Usai Sosialisasi adaptasi perubahan kebijakan tata aturan masuk Perguruan Tinggi dengan sistem portofolio ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta kegiatan yang kemudian dapat menjadi fasilitator bagi siswa di SMA tersebut yang membuthkan informasi mengenai sistem portofolio yang menjadi aturan baru untuk proses seleksi masuk ke Prodi Pendidikan Seni. Selain itu, publikasi hasil PKM merupakan langkah awal agar PKM tersebut dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia bangsa.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Oktariani, D. ., Ismunandar, I., Tindarika, R. ., Aditya, M. C. P. ., Oktaviari, A. R. ., & Fretisari, I. . (2024). Sosialisasi Penilaian Portofolio Seni Untuk SNPMB Bagi SMA Sederajat di Kabupaten Mempawah. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 1131–1137. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1692