Pelatihan Keterampilan Berbicara Pada Pembuatan Video Promosi Sekolah untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa-Siswi SMK Safinatul Huda Kabat Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1701Abstract
Berbicara adalah satu keterampilan yang penting diberikan pada siswa. Tetapi, keterampilan ini jarang dimiliki siswa karena siswa merasa tidak percaya diri saat berbicara. Padahal, jika siswa terus dilatih maka kemampuan bebricar, maka tingkat kepercayaan diri mereka dapat membantu kemajuan prestasi sekolah. Guna meningkatkan dan mengembangkan keterampilan ini dapat dimulai dengan pelatihan berbicara. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas siswa pada kegiatan non akademik yang menunjang keberhasilan kegiatan belajar dan mengajar. Untuk menunjang keberhasilan tersebut, maka pengabdian ini berfokus pada kegiatan pelatihan keterampilan berbicara pada pembuatan video promosi sekolah SMK Safinatul Huda Kabat Banyuwangi. Pelatihan didampingi oleh narasumber dari tim dosen Universitas Jember. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari dengan membagi siswa menjadi dua tim, yakni laki-laki dan perembuapn. Kegiatan diawali dengan pengarahan dan pendampingan penyusunan naskah video dan berlatih berbicara dihadapan teman-teman satu kelas. Hasil dari pelatihan dikembangkan dalam bentuk video yang diunggah di web sekolah. Penulisan bulletin sekolah dimulai dengan melatih siswa menulis naskah video dan kegiatan tersebut dilakukan oleh kedua tim. Hasil akhir dari pelatihan berbicara adalah video promosi sekolah yang diunggah di web sekolah saat ini. Jadi dengan pelatihan berbicara diharpkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan kepercayaan diri siswa dibuktikan dengan adanya video promosi sekolah yang dapat disimak oleh siswa atau masyarakat sekolah SMK Safinatul Huda Kabat Banyuwangi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inno Cahyaning Tyas, Adenarsy Avereus Rahman , Arju Mutiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).