Pengenalan Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Hikmah Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW Di TK Negeri Abdi Praja

Authors

  • Kadar Risman Universitas Muhammadiyah Buton
  • La Jeti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Adnan Adnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Mawarni Mawarni Universitas Muhammadiyah Buton
  • Citra Citra Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.172

Abstract

Pendidikan anak usia dini (0-6 tahun) bertujuan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak melalui pemberian stimulus. Pengenalan nilai moral dan agama merupakan aspek penting dalam pendidikan anak usia dini. Pengenalan nilai-nilai ini diperlukan agar anak memiliki keinginan untuk mengamalkan nilai ajaran agama dalam kehidupannya sehari-hari. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan nilai moral dan agama pada anak usia dini melalui hikmah Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad saw. Metode pengenalan nilai moral dan agama pada anak-anak di TK Negeri Abdi Praja dilakukan dengan  berceramah secara langsung, bercerita, dan bernyanyi bersama. Nilai moral dan agama yang dikenalkan pada anak melalui hikmah Isra dan Mi’raj meliputi kewajiban shalat lima waktu dan sikap jujur. Pengenalan kewajiban shalat lima waktu dimulai dengan memberikan pemahaman mengenai jumlah rakaat setiap shalat. Sikap jujur juga ditekankan dengan menjelaskan arti kejujuran dan memberikan contoh dari Nabi Muhammad saw yang selalu jujur dalam perkataan dan tindakan. Diharapkan melalui pengabdian ini, anak-anak dapat tumbuh dengan perilaku yang baik, berbudi pekerti luhur, dan memiliki pengertian yang baik terhadap nilai-nilai agama dan moral.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Risman, K. ., Jeti, . L. ., Adnan, A., Mawarni, M., & Citra, C. (2023). Pengenalan Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Hikmah Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW Di TK Negeri Abdi Praja. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 109–115. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.172