Mengatasi Nyeri Haid (Disminorea) dengan Yoga dan Pemanfaatan Media Murotal Al-Qur’an Melalui Pkm Dosen Stikes ‘Aisyiyah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1735Abstract
Tingkat keparahan nyeri menstruasi (disminorea) pada remaja dapat berbeda antara individu satu dengan yang lain, nyeri menstruasi berdampak pada tubuh menjadi lemas dan terasa pusing karena penurunan tekanan darah, hal ini dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas. Penanganan dismenorea dapat melalui metode pengobatan non-farmakologis yaitu yoga Cat Stretch Exercise yang mampu meningkatkan kadar hormone endrophine dan pelaksanaan praktik yoga juga dapat disertai melalui pemanfaatan media murotal Al-Qur'an untuk mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. Kegiatan ini penting dipraktikan sehingga siswi dapat mengatasi ketika nyeri muncul dan tidak mengganggu aktivitasnya lagi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswi mengenai Yoga Pose Cat Stretch Exercise dan pemanfaatan media murotal Al Qur'an dalam mengurangi intensitas Dismenorea. Metode yang digunakan meliputi analisis situasi, solusi permasalahan dan metode penyuluhan yaitu diskusi, demonstrasi dan tanya jawab, serta pendampingan melalui jaringan media sosial whatshapp group. Kegiatan ini di laksanakan di SMA Aisyiyah 1 Palembang dan SMK Aisyiyah Palembang, sekolah yang merupakan amal usaha Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Selatan. Peran aktif siswi mengikuti kegiatan sebanyak 75 siswi. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 02-07 Mei 2024. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang nyeri saat menstruasi dan cara mengatasinya dengan melakukan Yoga pose Cat Stretch Exercise dan pemanfaatan media murotal Al Qur'an. Dapat disimpulkan bahwa yoga pose Cat Stretch Exercise dan pemanfaatan media murotal Al Qur'an dapat mengurangi nyeri haid yang umum terjadi pada remaja. Metode ini mudah, aman dan murah sehingga sebaiknya menjadi salah satu materi yang wajib disampaikan kepada siswi agar produktivitasnya tidak terhambat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 N Wita Solama, Kurniawaty, Rhipiduri Rivanica, Sari Lisa Nurjanah, Sukma Meida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).