Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Lingkungan dan Kebutuhan Belajar Siswa Di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal

Authors

  • Maryono Maryono Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
  • Eka Sastrawati Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.174

Abstract

Seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka, masih banyak guru yang belum paham teknik menyusun dan mengembangkan modul ajar, terutama modul ajar berbasis lingkungan dan kebutuhan belajar siswa. oelh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan dalam pengembangan dan penyusunan modul ajar berbasis lingkungan dan kebutuhan siswa yang  sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka sehingga meningkatkan kualitas proses pembelajaran.  Subjek kegiatan ini adalah guru kelas dan guru bidang studi di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal yang berjumlah 13 orang.  Pelaksanan kegiatan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta praktek langsung. Pada setiap tahapan pelaksanaan menggunakan strategi Direct Instruction. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kemampuan guru dalam membuat modul ajar berbasis lingkungan dan kebutuhan belajar siswa. Hal ini tampak dari modul ajar yang telah dihasilkan dalam proses maupun setelah kegiatan pengabdian. Dari hasil angket yang diberikan diakhir kegiatan, tampak bahwa kebermanfaatan langsung dari kegiatan PkM yang dilaksanakan dengan persentase 84,04% dengan kategori Sangat Baik.

 

Kata Kunci: modul ajar, kurukulum merdeka, lingkungan, kebutuhan siswa

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Maryono, M., Kuntarto, E., Sastrawati, E. ., & Budiono, H. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Lingkungan dan Kebutuhan Belajar Siswa Di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal . Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 139–144. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.174