Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Lingkungan dan Kebutuhan Belajar Siswa Di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.174Abstract
Seiring dengan implementasi Kurikulum Merdeka, masih banyak guru yang belum paham teknik menyusun dan mengembangkan modul ajar, terutama modul ajar berbasis lingkungan dan kebutuhan belajar siswa. oelh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan dalam pengembangan dan penyusunan modul ajar berbasis lingkungan dan kebutuhan siswa yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka sehingga meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Subjek kegiatan ini adalah guru kelas dan guru bidang studi di SD Swasta Muhammadiyah Kuala Tungkal yang berjumlah 13 orang. Pelaksanan kegiatan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta praktek langsung. Pada setiap tahapan pelaksanaan menggunakan strategi Direct Instruction. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kemampuan guru dalam membuat modul ajar berbasis lingkungan dan kebutuhan belajar siswa. Hal ini tampak dari modul ajar yang telah dihasilkan dalam proses maupun setelah kegiatan pengabdian. Dari hasil angket yang diberikan diakhir kegiatan, tampak bahwa kebermanfaatan langsung dari kegiatan PkM yang dilaksanakan dengan persentase 84,04% dengan kategori Sangat Baik.
Kata Kunci: modul ajar, kurukulum merdeka, lingkungan, kebutuhan siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maryono Maryono, Eko Kuntarto, Eka Sastrawati, Hendra Budiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).