Peran Kepemimpinan Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Institusi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1741Abstract
Kualitas sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas dan sistem pendidikan. Tidak hanya pengelola sekolah dan tim pendidik, namun pemerintah sebagai regulator juga memainkan peran penting dalam menciptakan dan membentuk sistem dan aturan yang pro terhadap pembangunan dan menjaga keberlanjutan kualitas setiap anak didik, sehingga kelak mereka dapat lulus dengan kualitas mumpuni dan siap berkompetisi baik secara nasional atau global. Sesi FGD ini bertujuan untuk menggali dan mengidentifikasi berbagai topik atau fenomena yang hangat untuk dibahas dan memiliki nilai urgensi bagi pendidik dan pengelola institusi pendidikan, karena dosen pengabdi menilai institusi pendidikan dewasa ini dihadapkan pada berbagai tantangan untuk berubah dan berbenah menuju kearah yang lebih baik. Hasil dari tahapan FGD kemudian disimpulkan bahwa dosen pengabdi bersepakat untuk membahas tentang bagaimana kepemimpinan pada suatu institusi pendidikan mampu meningkatkan kinerja segenap sumber daya manusianya dan juga kinerja institusi. Simpulan dari sesi sharing dengan topik peran kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kinerja institusi pendidikan menyimpulkan bahwa institusi pendidikan memegang peran yang penting dan krusial bagi peningkatan daya saing dan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh kinerja dan kualitas dari sumber daya manusia yang jadi pendidik di institusi pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alean Kistiani Hegy Suryana, Sri Purwati, Kushariyadi, Enny Diah Astuti, Evi Gusliana, Putri Rahmah Alamsyah, Dana Aswadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).