Pendampingan Program Pembelajaran Bahasa Asing Dengan Metode Tutor Sebaya Di MAN 2 Agam

Authors

  • Dina Salsabila Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1746

Abstract

Pendampingan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan dampingan pelaksanaan program pembelajaran bahasa asing (Arab dan Inggris) dengan menggunakan metode Tutor Sebaya dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing (Arab dan Inggris) peserta didik di MAN 2 Agam. Penguasaan terhadap bahasa asing (Arab dan Inggris) pada zaman sekarang sangat dibutuhkan dalam kecakapan berkomunikasi pada era globalisasi yang semakin canggih. Penguasaan terhadap bahasa asing (Arab dan Inggris) sebagai alat komunikasi yang dapat meningkatkan kualitas dan potensi diri pada peserta didik dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Kemampuan berbahasa asing dapat membuka akses untuk mendapatkan beasiswa study di luar negeri serta dapat meningkatkan keterampilan multitasking. Pengabdian ini menggunakan metode service learning.  Metode service learning terdiri atas 4 tahapan yaitu: pengenalan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari program pembelajaran bahasa asing (Arab dan Inggris) adalah untuk membiasakan dan meningkatkan keterampilan berbahasa asing (Arab dan Inggris) peserta didik di lingkungan MAN 2 Agam dan lingkungan masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran peserta didik akan pentingnya penguasaan bahasa asing (Arab dan Inggris) pada zaman yang semakin modern ini. Dengan demikian, peningkatan terhadap kemampuan bahasa asing (Arab dan Inggris) dapat menjadikan peserta didik lebih percaya diri dalam berkomunikasi.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Salsabila, D. ., Kustati, M. ., Gusmirawati, G., & Amelia, R. . (2024). Pendampingan Program Pembelajaran Bahasa Asing Dengan Metode Tutor Sebaya Di MAN 2 Agam . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 396–406. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1746