Workshop Pemanfaatan Platform Digital E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Batik di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi

Authors

  • Zainul Bahri Universitas Jambi
  • Muazza Muazza Universitas Jambi
  • Rafiqi Rafiqi Universitas Jambi
  • Muhammad Roihan Universitas Jambi
  • Lutfi Lutfi Universitas Jambi
  • Robi Hendra Universitas Jambi
  • Jazilatul Atiyyah Universitas Jambi
  • Hansein Arif Wijaya Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1764

Abstract

Workshop pemanfaatan platform digital e-commerce untuk meningkatkan pemasaran produk batik di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi pengrajin batik dalam memanfaatkan teknologi digital. Metode yang digunakan meliputi sesi teori tentang e-commerce, pelatihan praktis dalam mendirikan toko online, dan diskusi kelompok untuk mengevaluasi pemahaman peserta. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta, yang berhasil membuat dan mengelola toko online mereka sendiri. Selain itu, workshop ini berhasil membangun jaringan antara pengrajin batik dan pelaku bisnis lainnya, serta meningkatkan kesadaran akan potensi pasar produk batik. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berwirausaha peserta, tetapi juga berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi lokal melalui pemanfaatan teknologi digital. Luaran yang diharapkan mencakup dokumentasi hasil pengabdian dalam bentuk digital dan multimedia, serta publikasi di media cetak dan online. Workshop ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan kewirausahaan di kalangan pengrajin batik di daerah lain, serta mendorong pengrajin untuk menjadi produsen yang aktif dalam ekosistem digital.

Downloads

Published

2024-11-12

How to Cite

Bahri, Z. ., Muazza, M., Rafiqi, R., Roihan, M. ., Lutfi, L., Hendra, R. ., Atiyyah, J. ., & Wijaya, H. A. . (2024). Workshop Pemanfaatan Platform Digital E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Batik di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 1180–1186. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1764