Penguatan Pemahaman Anti-Bullying Pada Siswa SD X Di Jakarta

Authors

  • Valencia Valencia Universitas Tarumanagara
  • Anjeli Febriyanti Universitas Tarumanagara
  • Natalie Ocberta Universitas Tarumanagara
  • Monika Monika Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1772

Abstract

Fenomena bullying atau perundungan tengah menjadi masalah yang semakin marak dan membutuhkan perhatian serius dari khalayak umum. Bullying dapat terjadi di tempat dan waktu manapun, terutama dalam lingkungan sekolah. Para siswa harus memahami bullying dan dampak yang ditimbulkan dari tindakan tersebut. Pendidikan mengenai bullying penting dalam membangun kesadaran para siswa di sekolah mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman yang dapat dicapai para siswa mengenai bullying setelah dan sebelum menerima intervensi berupa psikoedukasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan desain penelitian one group pre-test dan post-test. Dari data yang sudah terkumpul, dilakukan uji normalitas Saphiro-Wilk, uji homogenitas Levene, dan uji Wilcoxon. Sampel pada penelitian ini menggunakan 77 partisipan SD X yang diambil dengan teknik simple random sampling kemudian data diolah menggunakan program IBM SPSS 26. Hasil pengujian normalitas Saphiro-Wilk menunjukkan bahwa sebaran data hasil pre dan post-test tidak terdistribusi normal (< 0.05). Data pada penelitian ini bersifat homogen dan mempunyai varians yang sama (> 0.05), yaitu pada pre-test sebesar 0.723 dan post-test sebesar 0.864 dengan pengujian Levene. Pengujian Wilcoxon menunjukan terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap bullying (< 0.05) sebelum dan setelah diberikan materi psikoedukasi anti-bullying. Disarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan teknik analisis data yang lebih bervariasi seperti repeated measures ANOVA, yang dapat menganalisis perbedaan rata-rata di antara tiga atau lebih kelompok dengan variabel tertentu.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Valencia, V., Febriyanti, A. ., Ocberta, N. ., & Monika, M. (2024). Penguatan Pemahaman Anti-Bullying Pada Siswa SD X Di Jakarta. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 161–168. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1772