Edukasi Dan Pelatihan Teknis Sitasi Jurnal Scopus Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Sebagai Penguatan Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Yang Berkualitas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tugas akhir mahasiswa tingkat akhir melalui edukasi dan penerapan teknis sitasi jurnal Scopus. Metode Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) digunakan sebagai kerangka untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang pentingnya sitasi yang benar dalam penulisan akademik. Melalui sesi pelatihan, panduan praktis, dan bimbingan langsung, mahasiswa diberdayakan untuk menggunakan sumber informasi yang sahih dan relevan dari jurnal Scopus dalam kerangka tugas akhir mereka. Hasil penelitian PKM ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas sitasi dan keakuratan rujukan yang digunakan oleh mahasiswa dalam tugas akhir mereka setelah mendapatkan edukasi dan panduan teknis. Dengan memahami betul proses dan pentingnya sitasi yang tepat, mahasiswa dapat memperkuat argumen mereka, menghindari plagiarisme, serta meningkatkan kualitas dan integritas karya akademik mereka secara keseluruhan. Dengan demikian, melalui pendekatan PKM ini, mahasiswa tidak hanya mampu menyelesaikan tugas akhir dengan lebih baik, tetapi juga siap untuk berkontribusi dalam dunia akademik dengan kualitas yang lebih tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rinovian R, Yovita, Muhammad Dalim, Sulaeman, Syamsul Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).