Pelatihan Manajemen Kelas Berbasis Edutainment Bagi Dosen Pemula Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Menyenangkan

Authors

  • Moh. Solehuddin STAI Ar-Rosyid Surabaya
  • Dadang Muhammad Hasyim STIKes Karsa Husada Garut
  • Wa Ode Riniati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hamzah Puadi Ilyas Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Muslimin Muslimin Universitas Muhammadiyah Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment bagi dosen pemula dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimental pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dosen pemula yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang menerima pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment efektif meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri dosen pemula dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan bagi mahasiswa. Dosen yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan dalam penerapan strategi edutainment, interaksi yang lebih positif dengan mahasiswa, dan peningkatan motivasi belajar mahasiswa

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Solehuddin, M., Hasyim, D. M. ., Riniati, W. O. ., Ilyas, H. P. ., & Muslimin, M. (2024). Pelatihan Manajemen Kelas Berbasis Edutainment Bagi Dosen Pemula Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 178–185. Retrieved from https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1774