Pelatihan Manajemen Kelas Berbasis Edutainment Bagi Dosen Pemula Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Menyenangkan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment bagi dosen pemula dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimental pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dosen pemula yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang menerima pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan manajemen kelas berbasis edutainment efektif meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri dosen pemula dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan bagi mahasiswa. Dosen yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan dalam penerapan strategi edutainment, interaksi yang lebih positif dengan mahasiswa, dan peningkatan motivasi belajar mahasiswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh. Solehuddin, Dadang Muhammad Hasyim, Wa Ode Riniati, Hamzah Puadi Ilyas, Muslimin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).