Pelatihan Teknik Restructuring Cognitive dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Kenakalan Remaja

Authors

  • Donal Donal Universitas Riau
  • Mahdum Mahdum Universitas Riau
  • Arlizon R Universitas Riau
  • Isnaria Rizki Hayati Universitas Riau
  • Kiki Mariah Universitas Riau
  • Siska Mardes Universitas Riau
  • Munawir Munawir Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1776

Abstract

Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja berdampak negatif terhadap perkembangan mereka baik secara pribadi, sosial, maupun akademis. Salah satu strategi pelayanan bimbingan dan konseling yang bisa dilakukan untuk masalah ini adalah bimbingan kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif. Pengunaan teknik khusus dalam kegiatan bimbingan kelompok diharapkan bisa mengembangkan potensi remaja secara optimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar peserta kegiatan dapat menyelenggarakan bimbingan kelompok secara efektif dengan menggunakan teknik cognitive restructuring. Metode penerapan kegiatan pengabdian adalah ceramah, demontrasi dan latihan pengunaan teknik cognitive restructuring dalam pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mengatasi kenakalan remaja. Sasaran kegiatan guru bimbingan dan konseling tingkat SMP sederajat di Kabupaten Siak.  Untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan dilakukan dengan memberikan pre-tes dan post-tes sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian. Hasil Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menambahkan pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan rasa percaya diri, serta komitmen guru Bimbingan dan Konseling untuk mengunakan teknik cognitive restructuring dalam pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Donal, D., Mahdum, M., R, A. ., Hayati, I. R. ., Mariah, K. ., Mardes, S. ., & Munawir, M. (2024). Pelatihan Teknik Restructuring Cognitive dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Kenakalan Remaja. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 216–221. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1776