Persepsi Guru dalam Pemberdayaan Pelestarian Warisan Budaya Lokal Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1786Abstract
Pelestarian warisan budaya lokal merupakan aspek penting dalam menjaga identitas bangsa, terutama di Indonesia yang kaya akan tradisi dan nilai-nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi guru mengenai pelatihan pelestarian budaya lokal sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak guru menyadari pentingnya integrasi budaya lokal dalam pembelajaran, namun mereka menghadapi kendala dalam pengetahuan dan keterampilan untuk melakukannya. Pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman guru tentang nilai-nilai budaya lokal diharapkan dapat memberikan strategi efektif dalam menggabungkan elemen budaya ke dalam materi ajar. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pelatihan dapat memperkuat hubungan antara sekolah dan komunitas lokal, serta meningkatkan rasa bangga siswa terhadap warisan budaya mereka. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk program pelatihan yang lebih efektif dalam mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Mulyani, Naila Fauza, Charlina Charlina, Zetra Hainul Putra, Hadriana Hadriana, Ria Novianti, Rifqa Gusmida Syahrun Barokah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).