Pengenalan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an

Authors

  • Siti Misra Susanti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hartati Hartati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Ekaria Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.181

Abstract

PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini berjudul ''Pengenalan Media Pop-Up Book pada Anak Usia Dini di TK Al-Qur'an''. Pengenalan media ini bertujuan mengenalkan media tampilan bergambar yang disajikan dan dibuat serta dicetak dengan ornament full color dan warna-warna mencolok yang dapat menambah wahana baru dalam pembelajaran anak usia dini. Media merupakan perangkat yang memiliki fungsi menyampaikan pesan. Kita dapat mengartikan istilah media sebagai sesuatu yang menjadi perantara atau penyampai fakta dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Manfaat mengenalkan media buku tampilan bergambar (Pop-Up Book) ini adalah meningkatkan  antusias anak dalam belajar. Dengan media pop up book ini akan mengembangkan beberapa aspek perkembangan diantaranya perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial-emosional dan perkembangan seni anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi. Media pop up book ini dapat menambah pengetahuan baru dalam belajar, di samping itu pula pendidik dapat mengkolaborasikan dengan berbagai media.  Serta dapat tercapainya beberapa aspek perkembangan bagi anak usia dini. 

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Susanti, S. M., Hartati, H., & Ekaria, W. O. (2023). Pengenalan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an . Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 150–154. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.181