Laporan Kegiatan Pengembangan Kesadaran Masyarakat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1830Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai tingkat kesadaran masyarakat terhadap pendidikan inklusi dan anak berkebutuhan khusus di suatu sekolah di Kalimantan Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner kepada sejumlah responden yang terdiri dari guru serta orang tua/wali murid di sekolah tersebut. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan, sikap, tindakan, dan partisipasimasyarakat terkait anak berkebutuhan khusus, serta untuk mengevaluasi sejauh mana kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan inklusi. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun pemahaman dasar mengenai anak berkebutuhan khusus sudah ada, sumber informasi yang tersedia mengenai pendidikan inklusi di lingkungan sekolah dan masyarakat masih terbatas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pendidikan inklusi, serta mendorong implementasi kebijakan yang lebih efektif terkait pendidikan anak berkebutuhan khusus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Taufik Rahman, Raga Ziqri Akmali, Nur Fitriya Isnaini Mukhnil, Ghina Azizah, Ayu Linda Frastya, Zahwa Ramadhani Yudianor, Olinda Rizky Amalia, Octavia Nila Ramadani, Qeisha Fathimatuzzahra, Ellyne Addelyna Simamora, Eirvina Rahmah, Muhammad Zaki Mahmudi, Amka Amka, Hayatun Thaibah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).