Pendampingan Tutor Bahasa Inggris YPPNH Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berupa E-Modul Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1836Abstract
Permasalahan utama pengabdian ini adalah 1) Pembelajaran Bahasa Inggris menjadi program wajib di Asrama, 2) Praktik penggunaan E-Modul Interaktif belum bisa dilakukan dengan maksimal karena kurangnya kompetensi tutor dalam pengaplikasian media pembelajaran berbasis teknologi pada setiap proses pembelajaran, 3) Minimnya kompetensi tutor Bahasa Inggris Asrama Putri Pusat Pondok Pesantren Nurul Huda, 4) Rendahnya motivasi tutor dalam pengembangan kompetensi diri mereka, dan 5) Metode pembelajaran yang digunakan masih metode konvensional sehingga proses pembelajaran belum menarik dan hal ini menimbulkan rendahnya motivasi santri untuk belajar Bahasa Inggris. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan berupa praktik penggunaan Media Pembelajaran berbasis teknologi berupa E-Modul Interaktif kepada Tutor Bahasa Inggris YPPNH. Metode Pelaksanaan yang diaplikasikan pada pengabdian ini adalah Edukasi dan Pelatihan, Diskusi dan Ceramah, dan Pendampingan Tutor Bahasa Inggris dalam menggunakan Media Pembelajaran berbasis teknologi berupa E-Modul Interaktif. Hasil dari Kegiatan pengabdian yang sudah dilaksanakan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi Tutor Bahasa Inggris YPPNH dalam mengimplementasikan e-modul interaktif dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nia Kurniati, Hastuti Retno Kuspiyah, Lailatul Fitriyah, Atika Faizatul Isma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).