Pendampingan Tutor Bahasa Inggris YPPNH Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berupa E-Modul Interaktif

Authors

  • Nia Kurniati UNIVERSITAS NURUL HUDA
  • Hastuti Retno Kuspiyah Universitas Nurul Huda
  • Lailatul Fitriyah Universitas Nurul Huda
  • Atika Faizatul Isma Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1836

Abstract

Permasalahan utama pengabdian ini adalah 1) Pembelajaran Bahasa Inggris menjadi program wajib di Asrama, 2) Praktik penggunaan E-Modul Interaktif belum bisa dilakukan dengan maksimal karena kurangnya kompetensi tutor dalam pengaplikasian media pembelajaran berbasis teknologi pada setiap proses pembelajaran, 3) Minimnya kompetensi tutor Bahasa Inggris Asrama Putri Pusat Pondok Pesantren Nurul Huda, 4) Rendahnya motivasi tutor dalam pengembangan kompetensi diri mereka, dan 5) Metode pembelajaran yang digunakan masih metode konvensional sehingga proses pembelajaran belum menarik dan hal ini menimbulkan rendahnya motivasi santri untuk belajar Bahasa Inggris. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan berupa praktik penggunaan Media Pembelajaran berbasis teknologi berupa E-Modul Interaktif kepada Tutor Bahasa Inggris YPPNH. Metode Pelaksanaan yang diaplikasikan pada pengabdian ini adalah Edukasi dan Pelatihan, Diskusi dan Ceramah, dan Pendampingan Tutor Bahasa Inggris dalam menggunakan Media Pembelajaran berbasis teknologi berupa E-Modul Interaktif. Hasil dari Kegiatan pengabdian yang sudah dilaksanakan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi Tutor Bahasa Inggris YPPNH dalam mengimplementasikan e-modul interaktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Kurniati, N., Kuspiyah, H. R., Fitriyah, L. ., & Isma, A. F. . (2024). Pendampingan Tutor Bahasa Inggris YPPNH Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berupa E-Modul Interaktif. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 378–395. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1836