Pendampingan Digitalisasi Pengelolaan Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Akreditasi MIN 2 Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Yudo Handoko Universitas Jambi
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi
  • Musayyadah Musayyadah Universitas Jambi
  • Agus Lestari Universitas Jambi
  • Hansein Arif Wijaya Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1857

Abstract

Di era digital, tantangan pengelolaan pendidikan di MIN 2 Tanjung Jabung Timur, terutama dalam memenuhi standar akreditasi, menjadi perhatian utama. Administrasi manual menyebabkan inefisiensi, rentan terhadap kesalahan, dan kurang mendukung transparansi informasi. Untuk itu, program pendampingan digitalisasi pengelolaan pendidikan dilakukan dengan tujuan meningkatkan efisiensi administrasi, keterampilan tenaga pendidik, dan kesiapan sekolah dalam menghadapi proses akreditasi. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, pelatihan sistem digital, pengembangan website sekolah, serta monitoring dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada efisiensi administrasi sekolah hingga 50%, dengan pengurangan waktu pengolahan data dan penurunan kesalahan input. Selain itu, 100% tenaga pendidik mampu mengoperasikan sistem digital setelah pelatihan. Semua dokumen akreditasi telah terdigitalisasi, mempermudah akses dan asesmen oleh pihak terkait. Pengembangan website juga meningkatkan transparansi dan keterlibatan stakeholder. Digitalisasi terbukti sebagai solusi strategis dalam pengelolaan pendidikan untuk mendukung pencapaian akreditasi A.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Handoko, Y. ., Setiyadi, B. ., Musayyadah, M., Lestari, A., & Wijaya, H. A. . (2024). Pendampingan Digitalisasi Pengelolaan Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Akreditasi MIN 2 Tanjung Jabung Timur. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 511–515. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1857