Pelatihan Test of English as Foreign Language sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Merauke

Authors

  • Ekfindar Diliana Universitas Musamus
  • Desca Angelianawati Universitas Musamus
  • Rival Hanip Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1887

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Inggris di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, melalui pelatihan Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Kegiatan ini dilakukan sebagai respons terhadap kebutuhan peningkatan kualitas pengajaran bahasa Inggris di daerah tersebut. Pelatihan diikuti oleh  guru dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Merauke  berpartisipasi secara aktif. Program ini mencakup sesi teori dan praktik yang dirancang untuk memperdalam pemahaman peserta tentang struktur dan strategi menghadapi TOEFL, serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara keseluruhan. Metode evaluasi yang digunakan meliputi pre-test dan post-test TOEFL, serta kuesioner kepuasan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor TOEFL para guru setelah pelatiha. Selain itu, peserta juga melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam kemampuan bahasa Inggris mereka dan mengapresiasi materi pelatihan yang relevan dan aplikatif.

Kata Kunci: Pelatihan TOEFL, Kompetensi Guru Bahasa Inggris, Kabupaten Merauke

 

Abstract

The present community service aims to improve the competence of English teachers in Merauke Regency, South Papua, through Test of English as a Foreign Language training (TOEFL). This activity was conducted in response to the need to improve the quality of English teaching in the region. The training was actively participated in by teachers from various schools in Merauke Regency. This program includes theory and practice sessions designed to deepen participants' understanding of the structure and strategies for facing the TOEFL, as well as to improve their overall English language skills. The evaluation methods used include TOEFL pre-tests and post-tests, as well as participant satisfaction questionnaires. The evaluation results show a significant increase in the teachers' TOEFL scores after the training. Additionally, participants also reported an increase in confidence in their English language skills and appreciated the relevant and applicable training materials

Keywords: TOEFL training, English teacher competence, Merauke Regency

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Diliana, E., Angelianawati, D. ., & Hanip, R. . (2024). Pelatihan Test of English as Foreign Language sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Merauke. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 548–554. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1887