Optimalisasi Efisiensi Bisnis : Penerapan Strategi Pemasaran Digital pada UMKM AutoPrint untuk Meningkatkan Daya Saing Skala Global

Authors

  • Selina Phang Universitas Internasional Batam
  • Ratih Anggraini Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1892

Abstract

Peningkatan daya saing skala global dengan memanfaatkan pemasaran secara digital penting sekali bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bersaing secara efektif di pasar yang sangat kompetitif. Artikel ini membahas penerapan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial pada UMKM AutoPrint, sebuah usaha yang bergerak dibidang penjualan tinta printer refill yang berlokasi di jalan sungai panas komplek nusa jaya no 18 kota Batam, kepulauan riau, Indonesia. Metode penerapan pemasaran digital dengan media sosial meliputi analisis kebutuhan aplikasi, pengambilan foto produk, pembuatan media sosial dengan instagram dan facebook, serta pengujian maupun evaluasi. Hasilnya adalah implementasi media sosial yang mampu meningkatkan efisiensi pemasaran secara global, peningkatan penjualan dan mampu menjangkau pelanggan secara global. Dengan penggunaan media sosial instagram dan facebook ini, UMKM AutoPrint dapat meningkatkan efisiensi pemasaran selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa henti, dapat meningkatkan valume penjualan dan dapat melayani kebutuhan pelanggan secara global yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing serta pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Phang, S., & Anggraini, R. . (2024). Optimalisasi Efisiensi Bisnis : Penerapan Strategi Pemasaran Digital pada UMKM AutoPrint untuk Meningkatkan Daya Saing Skala Global. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 622–626. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1892