Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Platform Penilaian Akhir Tahun di SMA Edu Global Bandung

Authors

  • Abdul Latip Universitas Garut
  • Nursida Sutantri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.2

Keywords:

Google Form, Guru, Penilaian, Siswa.

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan pelatihan kepada Guru dan Siswa mengenai pemanfaatan Google Form sebagai platform dalam pelaksanaan penilain akhir tahun (PAT) di SMA Edu Global Bandung pada tahun pelajaran 2019/2020. Pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari 2 kegiatan utama, yaitu pelatihan kepada guru sebagai pembuat soal dan pelatihan kepada siswa sebagai pengguna soal. Pelatihan pembuatan soal PAT menggunakan google form kepada guru dilaksanakan secara virtual dengan metode tutorial secara langsung cara membat soal berbagai mata pelajaran dengan berbagai karakteristik, seperti mata pelajaran bahasa yang memiliki wacana, mata pelajaran matematika dan eksakta yang memerlukan equation dan mata pelajaran lain yang membutuhkan visualisasi gambar dalam soal. Sementara itu, pelaksanaan pelatihan penggunaan google form dilakukan kepada seluruh siswa kelas X dan XI secara virtual dengan memberikan tutorial kepada siswa mengenai cara menggunakan google form selama PAT, mulai pengisian identitas sampai pada submit jawaban. Secara umum, para guru dan siswa tidak banyak mengalami kendala berarti dalam pemanfaatan google form sebagai platform penilaian online. Hal tersebut dkarenakan google form memiliki karakteristik yang mudah digunakan oleh guru dan siswa, platform yang tidak memberatkan gadget, dan mudah diakses baik dari hp maupun laptop/komputer.

 

Author Biography

Abdul Latip, Universitas Garut

References

Batubara, H, H. Penggunaan 2016. Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol.8, No.1, hal. 39-50.

Firman, H. 2017. Penilaian Sumatif dalam Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Makalah diperesentasikan pada Workshop Guru Inti dan pengurus MGMP IPA SMP tentang Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Bandung, 4 Mei 2017, hal. 1-10.

Mardiana, T., dan Purnanto, A, W. 2017. Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi dalam The 6th University Research Colloquium, Universitas Muhamaddiyah Magelang. hal 183-188.

Wahyono, H. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. Proceding of Biology Education. Vol.3, No.1, hal. 192-201.

Wulandari, P., Mawarni, Khotimah, H. 2019. Google Form sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran di SMAN 2 Kota Tangerang pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol.2, No.1, hal. 321-425.

Downloads

Published

2021-03-09

How to Cite

Latip, A., & Sutantri, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Platform Penilaian Akhir Tahun di SMA Edu Global Bandung. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.2