Pelatihan Penggunaan Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Prestasi Siswa Bagi Guru Di Tingkat Dasar

Authors

  • Gingga Prananda Universitas Nahdlatul Ulama Sumtera Barat
  • Weni Putri Isriani STKIP Nasional
  • Nuril Huda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Stavinibelia Stavinibelia Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Gusnita Efrina Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Muhammad Sukron Fauzi Universitas Mulawarman
  • Ubaidillah Ubaidillah Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pelatihan penggunaan Game-Based Learning dapat membantu guru di sekolah di tingkat dasar dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa. Melalui pendekatan ini, diharapkan guru akan lebih siap untuk mengimplementasikan game dalam pembelajaran mereka, yang pada gilirannya dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan akademik siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, serta menambah wawasan dalam mengintegrasikan teknologi dalam dunia pendidikan. Pelatihan penggunaan Game-Based Learning untuk meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa di tingkat dasar ini diselenggarakan oleh KGB SD Pariaman Selatan pada Hari Selasa, 26 November 2024, mulai pukul 14.00 hingga 15.30 WIB. Acara ini akan dipandu oleh narasumber, yaitu penulis sendiri, Bapak Gingga Prananda, M.Pd., yang akan membahas penerapan game dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Kegiatan pelatihan Game-Based Learning yang diselenggarakan oleh KGB SD Pariaman Selatan pada 26 November 2024 berhasil menarik antusiasme 50 guru dari berbagai sekolah. Para peserta diberikan pemahaman tentang penerapan game dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa. Narasumber, Bapak Gingga Prananda, M.Pd., menjelaskan cara mengintegrasikan game edukatif ke dalam pelajaran seperti matematika dan bahasa Indonesia, serta memberikan contoh praktis yang mudah diterapkan. Para guru merasa lebih percaya diri untuk menggunakan game dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil memberikan pengetahuan baru dan mendorong inovasi dalam metode pengajaran.

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Prananda, G., Isriani, W. P. ., Huda, N. ., Stavinibelia, S., Efrina, G. ., Fauzi, M. S. ., & Ubaidillah, U. (2025). Pelatihan Penggunaan Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Prestasi Siswa Bagi Guru Di Tingkat Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 67–70. Retrieved from https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/2102

Issue

Section

Articles