Pelatihan Membuat Pertanyaan Kritis Untuk Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Diyah Ayu Rizqiani Universitas Islam Riau
  • Vella Anggreana Universitas Islam Riau
  • Betty Sailun Universitas Islam Riau
  • Suci Rezky Bilni Universitas Islam Riau
  • Retno Alita Universitas Islam Riau

Abstract

Di tengah derasnya arus informasi baik dari media online maupun media cetak, peserta didik di MA Diniyah Puteri Pekanbaru harus memiliki kemampuan berpikir kritis yang memadai agar mereka mampu mengolah dan menyaring setiap informasi yang mereka dapatkan. Berdasarkan permasalahan peserta didik di sekolah mitra, maka tim pengabdian menawarkan sebuah pelatihan membuat pertanyaan kritis sebagai salah satu cara untuk mengasah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kegiatan pelatihan ini terbagi menjadi tiga bagian yakni (1) Kegiatan awal, (2) Kegiatan inti, dan (3) Kegiatan Penutup. Setelah para peserta didik mengikuti pelatihan ini, mereka dapat memahami perbedaan pertanyaan kritis dan pertanyaan tidak kritis, mampu membuat pertanyaan kritis, dan memahami manfaat berpikir kritis untuk kehidupan mereka sehari-hari.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rizqiani, D. A. ., Anggreana, V. ., Sailun, B. ., Bilni, S. R. ., & Alita, R. . (2024). Pelatihan Membuat Pertanyaan Kritis Untuk Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 1391–1395. Retrieved from https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/2105