Workshop Model Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMAN 1 Tanjung Jabung Barat

Authors

  • Harlis Harlis Universitas Jambi
  • Dara Mutiara Aswan Universitas Jambi
  • Evita Anggereini Universitas Jambi
  • Upik Yelianti Universitas Jambi
  • Retni S. Budiarti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.215

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuat kebijakan baru dalam pengembangan kurikulum untuk pendidikan dasar yaitu dengan mengembangkan Kurikulum Merdeka. Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari peran seorang guru, karena guru merupakan elemen pendidikan yang paling dekat dengan peserta didik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jika ingin meningkatkan mutu pendidikan, maka mutu guru juga harus ditingkatkan. Guru harus kreatif dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didiknya. Diantara cara yang dapat digunakan oleh guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang dianjurkan untuk Kurikulum Merdeka. Namun, pada kenyataannya proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah masih berpusat pada guru sehingga peran peserta didik hanya menjadi penerima pengatahuan.  Untuk mengatasi kendala tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Jambi menawarkan solusi dengan memberikan pelatihan atau workshop model pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adala memberikan pelatihan mengenai model pembelajaran yang dapat diimplementasikan guru dalam penerapan kurikulum merdeka dan melakukan pendampingan dalam merancang dan mengembangkan perencanaan pembelajaran dan asesmen yang sesuai. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pelaksanaan model pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Harlis, H., Aswan, D. M. ., Anggereini, E. ., Yelianti, U. ., & Budiarti, R. S. . (2023). Workshop Model Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMAN 1 Tanjung Jabung Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 544–560. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.215