Pendampingan Dan Penyuluhan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Web Google Sites Bagi Guru Sdn 15 Koto Baru Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Era Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.231Abstract
Tujuan pendampingan dan penyuluhan pembuatan perangkat pembelajaran menggunakan web google sites bagi guru SDN 15 Koto Baru dengan MBKM dan IKU untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menarik, kreatif dan inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan deskripsi lengkap pada bagian metode pelaksanaan serta tahapan dari observasi awal, perancangan, pelaksanaan pendampingan, penyuluhan dan monitoring. Berdasarkan survey ke SDN 15 Koto Baru, guru kurang mampu dalam membuat modul ajar pada kurikulum mardeka, sehingga proses pembelajaran yang dilakukan tidak terencana. Guru juga belum mampu membuat media pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif. Guru hanya menggunakan media yang ada pada buku cetak saja. Guru belum pernah mengembangkan bahan ajar, bahkan dalam proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket dengan jumlah terbatas. Selain itu guru juga tidak bisa menggunakan IT dalam proses pembelajaran, semua perangkat pembelajaran dibuat secara manual sehingga kurangnya kompetensi guru pada era kurikulum mardeka. Penelitian ini akan menghasilkan produk yang dapat dipergunakan oleh guru dalam proses pembelajaran berupa web google site. Dengan adanya web google sites membuat guru sadar akan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki dalam menghadapi perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi guru di sekolah lain untuk meningkatkan perangkat pembelajaran berupa web google sites.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yulia Darniyanti, Sundahry Sundahry, Rauldatul Husni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).