Workshop Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar yang Menyenangkan di SMK Negeri 2 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.233Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memahami dan mengetahui dan mengingatkan kembali bahwa memanfaatkan lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dan dikelolah untuk proses pembelajaran yang menyenangkan, lebih khusus yang ingin dicapai dalam program ini antara lain untuk mengetahui sekolah dan pendidik sebagai sumber belajar, untuk mengetahui sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar, untuk mengetahui lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode informasi, metode diskusi, dan metode tanya jawab, selain itu juga dibantu dengan metode ceramah. Hasil penelitian dalam pelaksanaannya, yaitu para pendidik cukup antusias dan senang dengan topik pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang menyenangkan, hal ini dikarena para pendidik minim mendapatkan informasi terkait sumber-sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini di sekolah menengah kejuruan atau SMK memberikan manfaat dan kontribusi terhadap pemahaman dan usaha yang dapat diterapkan pendidik dalam memanfaat lingkungan sebagai sumber belajar. Sebagaimana dalam temuan kegiatan pengabdian ini bahwa pada awalnya pendidik belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang jauh terkait memanfaatkan mengkolborasikan sumber belajar dalam pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Warneri, Uray Salam, Aunurrahman, Haratua Tiur Maria S, Iwan Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).