Upaya Menjaga Kebersihan Sekolah Dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Murid SMP Negeri 4 Selat Lancang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.239Abstract
Karakter merupakan sesuatu yang ada dalam diri seseorang. Karakter pada dasarnya telah ada semenjak lahir namun karakter juga dapat terbentuk berdasarkan pengaruh lingkungan terdekat sepeti keluarga, Teman, Rekan, Dan semua orang yang tinggal di sekitar orang tersebut. Untuk menumbuhkan karakter yang baik dapat di lakukan di sekolah, yaitu dengan pendidikan karakter anak yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter terhadap peserta didik. Salah satu karakter yang harus dibentuk di sekolah yaitu karakter peduli lingkungan. Pembentukan karakter peduli lingkungan dapat dimulai dari lingkungan sekolah, Yaitu dengan menjaga kebersihan sekolah. Dengan terbiasanya siswa menjaga lingkungan sekolah, maka siswa akan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Untuk menjaga kebersihan sekolah biasanya adanya piket kebersihan di tiap kelas dan juga ada gotong royong di setiap minggunya yang melibatkan seluruh murid dan guru. Dalam hal ini guru berperan untuk memberi arahan dan bimbingan kepada para murid agar terbentuk karakter mereka dan lingkungan sekolah dapat terjaga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Watni Marpaung, Ahmad Ardhi Mauluddin Sitorus, Ahmad Mabrur, Muhammad Jihad Azni Lubis, Zahra Ramadhani, Zakiah Rahmi Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).