Pengembangan Potensi Generasi Muda Terkait Tradisi Budaya Lokal Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kkn Di Nagori Dolok Mainu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.246Abstract
Pengembangan potensi generasi muda yang terkait dengan tradisi budaya lokal telah mendapatkan perhatian yang semakin besar sebagai sarana untuk pemberdayaan masyarakat. Dalam rangka ini, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagori Dolok Mainu telah diinisiasi dengan tujuan mengintegrasikan upaya pelestarian tradisi budaya lokal dengan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana program KKN dapat menjadi alat untuk menggerakkan pengembangan potensi generasi muda dan pelestarian tradisi budaya lokal dalam konteks Nagori Dolok Mainu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data-data tersebut kemudian dianalisis melalui proses yang sistematis untuk mengidentifikasi dampak dari program KKN terhadap pengembangan potensi generasi muda terkait tradisi budaya lokal dan dampaknya terhadap pemberdayaan masyarakat di Nagori Dolok Mainu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKN telah berhasil menciptakan platform yang efektif bagi generasi muda untuk terlibat secara aktif dalam pelestarian tradisi budaya lokal. Melalui interaksi langsung dengan masyarakat setempat, mahasiswa KKN telah mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai budaya, adat istiadat, dan praktik-tradiksi yang membentuk identitas Nagori Dolok Mainu. Di samping itu, Pengembangan potensi generasi muda ini juga berdampak langsung pada pemberdayaan masyarakat. Melalui upaya pelestarian budaya, masyarakat merasa lebih bangga akan warisan budaya mereka dan merasa termotivasi untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan Nagori Dolok Mainu. Dengan adanya partisipasi aktif generasi muda dalam menginisiasi proyek-proyek lokal dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya, masyarakat telah merasakan peningkatan dalam kualitas hidup dan hubungan sosial di lingkungan mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fazli Abdillah, Farhan Manurung, Alvi Natzmi, Novita Hannum Harahap, Rholand Muary
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).