Edukasi Literasi Digital Era Cybernetics Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Media Sosial Bagi Anak Di Pinggiran Kota
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.253Abstract
Tim pengabdi melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan maksud untuk memberikan pemahaman tentang literasi digital kepada anak-anak yang tinggal di pinggiran kota. PKM ini mengusung tema literasi digital dan mencakup materi pengantar literasi digital, etika dalam bermedia sosial, serta pemahaman tentang Undang-Undang Informasi serta UU ITE. Dalam pelaksanaannya, PKM ini memakai metode ceramah serta diskusi untuk menyampaikan konsep literasi digital. Hasil penelitian ini berdampak pada pemahaman anak-anak terkait literasi digital dan etika bermedia sosioa. Dengan perkembangan pengguna internet yang senantiasa meningkat di setiap tahun, internet memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif seperti kecanduan serta berbagai bentuk kriminalitas seperti hacking dan cracking. Oleh karenanya, penting bagi anak-anak untuk memiliki literasi digital agar bisa memakai media digital dengan baik serta bertanggung jawab. Edukasi tentang literasi digital dijalankan untuk meratakan pemahaman mengenai topik ini. Pelatihan literasi digital dan pemahaman tentang tantangan dalam era digital termasuk bagian dari upaya ini. Sasarannya ialah agar peserta bisa menjelaskan konsep dasar literasi digital dan memahami dampak negatif dari kurangnya literasi digital. Dimana Peserta antusias pada kegiatan literasi digital, diketahui dari diskusi yang aktif antara peserta serta pemateri. Ini memungkinkan pertukaran informasi serta pengetahuan yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat positif dari perkembangan informasi serta meminimalkan dampak negatif di era cybernetics
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Darimis, S. Sumihatul Ummah MS, Agus Salam, Aat Ruchiat Nugraha, Nunung Suryana Jamin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).