Peran Mahasiswa KKN Dalam Meningkatkan Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kalangan Pelajar (Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhan Batu)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.262Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan bagi masyarakat Indonesia.Dengan TIK masyarakat lebih mudah mengakses berbagai informasi dan menunjang pekerjaan. Namun masalah yang timbul yaitu penetrasi TIK yang tidak merata di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Desa Janji dusun Lubuk Nor-Nor .Sehingga menimbulkan kesenjangan digital dan juga lemahnya literasi TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi TIK masyarakat di Desa Janji dusun Lubuk Nor-Nor .Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK (komputer, internet, telepon selular) telah digunakan oleh masyarakat di desa janji.Untuk ketiga media tersebut, penetrasi telepon seluler yang paling tinggi menyusul komputer dan internet. Mayoritas responden juga telah masuk ke tingkat lima literasi TIK, telepon seluler, dan komputer sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Sedangkan untuk internet masih berada di tingkat tiga di mana mereka telah menggunakannya, namun tidak secara signifikan. Di era ini, terdapat banyak peralihan pada bidang manufaktur dan pola tingkah laku masyarakat yang turut membuat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melesat cepat dan canggih.Untuk menghadapi pesatnya perkembangan zaman ini, maka peran mahasiswa sangat penting dalam memahami literasi digital untuk menjembatani kemajuan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Yusnaldi, M Syarif Perdana, Syafrin S, Lisda Yanti, Chindy Aulia Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).