Pelatihan Inovasi Pengajaran Matematika di SD: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa melalui Pendekatan Kreatif

Authors

  • Rusdial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v5i4.2623

Abstract

Abstrak

Pendidikan matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) memegang peranan penting dalam pembentukan kemampuan kognitif siswa. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran matematika, diperlukan pendekatan yang lebih kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pelatihan inovasi pengajaran matematika berbasis pendekatan kreatif guna meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Pelatihan ini mencakup teknik-teknik pengajaran seperti pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran berbasis proyek (PjBL), serta penggunaan teknologi pendidikan, seperti aplikasi matematika interaktif dan permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pelatihan, guru mengalami peningkatan dalam pemahaman metode pengajaran kreatif dan penggunaan teknologi dalam kelas. Penerapan pendekatan PBL dan PjBL juga terbukti meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan membuat pembelajaran lebih relevan dengan kehidupan nyata mereka. Selain itu, teknologi pendidikan berperan dalam meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran matematika. Kolaborasi antar-guru juga terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Secara keseluruhan, pelatihan ini berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan matematika di SD, dengan harapan dapat memperbaiki kemampuan kognitif siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa depan.

Kata Kunci: Pendidikan Matematika, Pendekatan Kreatif, Pembelajaran Berbasis Masalah, Teknologi Pendidikan, Kolaborasi Guru

 

 

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Marta, R. ., & Pebriana, P. H. (2025). Pelatihan Inovasi Pengajaran Matematika di SD: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa melalui Pendekatan Kreatif. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(4), 8–15. https://doi.org/10.31004/jh.v5i4.2623