Pelatihan Inovasi Pengajaran Matematika di SD: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa melalui Pendekatan Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v5i4.2623Abstract
Abstrak
Pendidikan matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) memegang peranan penting dalam pembentukan kemampuan kognitif siswa. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran matematika, diperlukan pendekatan yang lebih kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pelatihan inovasi pengajaran matematika berbasis pendekatan kreatif guna meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Pelatihan ini mencakup teknik-teknik pengajaran seperti pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran berbasis proyek (PjBL), serta penggunaan teknologi pendidikan, seperti aplikasi matematika interaktif dan permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pelatihan, guru mengalami peningkatan dalam pemahaman metode pengajaran kreatif dan penggunaan teknologi dalam kelas. Penerapan pendekatan PBL dan PjBL juga terbukti meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan membuat pembelajaran lebih relevan dengan kehidupan nyata mereka. Selain itu, teknologi pendidikan berperan dalam meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran matematika. Kolaborasi antar-guru juga terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Secara keseluruhan, pelatihan ini berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan matematika di SD, dengan harapan dapat memperbaiki kemampuan kognitif siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa depan.
Kata Kunci: Pendidikan Matematika, Pendekatan Kreatif, Pembelajaran Berbasis Masalah, Teknologi Pendidikan, Kolaborasi Guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rusdial Marta, Putri Hana Pebriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






