Pengembangan Umkm Melalui Inovasi Produk Dan Digital Marketing Di Desa Aras Kec. Air Putih Kab. Batubara

Authors

  • Fitri Maulida Husna Universitas Negeri Islam Sumatera Utara
  • Rismayanti Bintang Universitas Negeri Islam Sumatera Utara
  • Bambang Permadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yulia Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aulia Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.264

Abstract

UMKM di Indonesia berperan penting dalam perekonomian, tetapi sebagian besar masih menjalankan penjualan secara tradisional, yang mengurangi potensi keuntungan. Inovasi produk, termasuk perubahan dalam kemasan dan variasi rasa, dapat meningkatkan daya saing produk UMKM. Di Desa Aras, UMKM juga menghadapi tantangan serupa dalam pemasaran konvensional, sehingga diperlukan pendampingan untuk memanfaatkan media digital dan menciptakan kemasan menarik guna meningkatkan penjualan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya desain produk, media digital, dan digital marketing. Metodenya melibatkan pengumpulan data, pengembangan desain produk, pelatihan digital marketing, pelaksanaan program, uji coba produk, dan promosi. Hasil program menunjukkan peningkatan penjualan, membuktikan bahwa desain kemasan yang menarik dapat memengaruhi kesetiaan konsumen dan keberhasilan branding bisnis, sementara pelaku UMKM juga memahami pentingnya digital marketing dan inovasi produk.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Husna, F. M. ., Bintang, R. ., Permadi, B., Anggraini, Y. ., & Hasanah, A. (2023). Pengembangan Umkm Melalui Inovasi Produk Dan Digital Marketing Di Desa Aras Kec. Air Putih Kab. Batubara. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 414–419. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.264