Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.265Abstract
Jurnal ini membahas tentang strategi pengembangan identitas visual Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pembuatan logo. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif dalam konteks studi kasus yang difokuskan pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Aras. Metodologi penelitian menghimpun informasi dengan melakukan wawancara mendalam bersama pemilik UMKM dan mahasiswa KKN, observasi langsung terhadap proses pembuatan logo, serta analisis konten terhadap dokumen terkait pengembangan identitas visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan identitas visual UMKM melalui pembuatan logo melibatkan kolaborasi antara pemilik UMKM dan mahasiswa KKN. Pembuatan logo melibatkan proses diskusi, penciptaan konsep, pemilihan elemen desain, dan iterasi. Logo menjadi representasi visual dari nilai, visi, dan misi UMKM. Proses ini juga memberikan manfaat edukatif bagi mahasiswa KKN dalam mengaplikasikan pengetahuan mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chuzaimah Batubara, Dewi Safitri, Devi Permata Sari, Hany Tasya Luthfiah, Bagaskara Utama Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).