Peran Mahasiswa KKN UINSU 143 Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Dan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sidomulyo)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.283Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran mahasiswa KKN UINSU 143 dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kualitas pendidikan, dengan fokus pada studi kasus di Desa Sidomulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa KKN UINSU 143 telah memainkan peran yang signifikan dalam pemberdayaan masyarakat Desa Sidomulyo. Mereka telah melaksanakan berbagai kegiatan. Selain itu, mereka juga berkontribusi pada peningkatan akses dan kualitas pendidikan dengan mengadakan program pembelajaran tambahan dan revitalisasi sarana pendidikan. Dalam konteks pemberdayaan masyarakat, mahasiswa KKN UINSU 143 juga berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak mereka dan memberikan dukungan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang kontribusi mahasiswa KKN dalam pembangunan komunitas lokal dan peningkatan kualitas pendidikan, serta memperkuat argumen pentingnya program KKN sebagai alat pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rani Rufmana Pohan, Windi Maharani, Yuzaidi M.TH, Muhammad Hafidzh , Rika Dinda Lestari, Alpi Syahrin Sagala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).