Pelatihan Digital Marketing dan Teknik Pelabelan Produk dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Terhadap UKM Serundeng DZS Kitchen di Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.291Abstract
Terdapat dua permasalahan krusial yang dialami oleh mitra sebagai urgensi pengabdian, yakninya di bidang manajemen dan pemasaran. Hambatan di bidang manajemen adalah terkait keterbatasan kemampuan pemilik usaha dalam melakukan pembukuan otomatis. Saat ini, pemilik usaha masih menggunakan pembukuan manual. Sehingga menghambat kemajuan usaha karena belum jelasnya pembukuan antara harta, kewajiban, modal, laba dan penjualan yang didapat. Masalah lain yang dialami mitra adalah terkait pemasaran. Produk serundeng ini memang sudah dipromosikan melalui Instagram, namun belum efektif. Selanjutnya, kemasan serundeng ini baru sebatas pada nama produk, kontak pemilik dan label halal. Sedangkan deskripsi produk, bahan baku dari produk belum tercantum, serta desain dari label yang masih seadanya dan belum menarik. Program pengabdian ini memiliki dua tujuan utama sekaligus sebagai solusi yang ditawarkan. Pertama, program ini bertujuan untuk memperbaiki aspek manajemen dengan memberikan pelatihan pembukuan menggunakan Microscoft Excel. Kedua, memperbaiki aspek pemasaran dengan memberikan pelatihan digital marketing dan pelabelan produk. Label produk akan dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Setelah diberikan pendampingan intensif, mitra sudah mampu mengoperasikan Microscoft Excel untuk pembukuan usaha, mitra bisa memasarkan produknya di media sosial dan mampu membuat label produk yang menarik dan informatif untuk peningkatan penjualan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dodi Widia Nanda, Kelik Purwanto, Aprimadedi Aprimadedi, Galuh Prasetyaningrum, Rhicky Rhicky
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).