Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.292Abstract
Kegiatan PKM ini mempunyai tujuan untuk memenuhi salah satu pilar pendidikan tinggi, serta dengan maksud untuk melatih mahasiswa dalam mencari referensi jurnal yang terindeks di Scopus dan memahami penggunaan teknis Mendeley Desktop. Tujuannya ialah untuk memberi peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa tingkat akhir, karena seringkali dosen menghadapi kendala dalam menyusun referensi akademik, yang termasuk masalah umum yang ada di lingkungan akademik sebab kurangnya pengetahuan mengenai penggunaan media bantu yang bisa mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, pendampingan diperlukan, termasuk dalam mencari referensi berkualitas di jurnal yang terindeks di Scopus dan memakai Mendeley Desktop untuk mengutip artikel internasional yang mempunyai reputasi. Kegiatan ini dijalankan dengan tatap muka serta diikuti oleh 40 mahasiswa tingkat akhir di semester terakhir. Hasil program pengabdian tersebut sukses meraih target yang sudah ditetapkan. Pelatihan dalam mencari referensi di Scopus dan pemahaman teknis Mendeley Desktop telah sukses memberikan peningkatan pengetahuan mengenai penggunaan dalam penulisan ataupun penyusunan karya ilmiah, terutama dalam penulisan skripsi. Hal ini terbukti dari peningkatan nilai persentase peserta yang mengetahui materi itu dengan nilai 58% memahami serta sebanyak 48% sangat memahami
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Trinandari Prasetya Nugrahanti, Achmad Napis Qurtubi, Ranti Nazmi, Liza Husnita, Achmad Zahruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).