Strategi Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 104235 Desa Naga Timbul

Authors

  • Liza Handayani Batu Bara UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
  • Budiman Budiman UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
  • Aulia Meylani UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
  • Lulu Ilmanun UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
  • Nisa Hafzhiyah Hasibuan UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
  • Rodia Tammardia Siregar UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
  • Annisa Luthfiyah UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.298

Abstract

Keterampilan membaca di Sekolah Dasar memiliki berbagai macam  bentuk. Salah  satunya  adalah  keterampilan  membaca  puisi.  Puisi memiliki peran penting dalam fungsi untuk mengajak anak-anak merenungkan makna di balik kata-kata, mengekspresikan perasaan, dan mengasah kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas VI SD Negeri 104235 Desa Naga Timbul, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam melalui observasi (Pengamatan). Dari data yang dikumpulkan dalam penelitian ini maka strategi meningkatkan keterampilan membaca puisi terdiri dari pemilihan puisi yang tepat, memberikan model pembacaan puisi yang benar, membaca bersama, analisis puisi, latihan hafalan, dan penilaian puisi.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Bara, L. H. B. ., Budiman, B., Meylani, A. ., Ilmanun, L., Hasibuan, N. H., Siregar, R. T., & Luthfiyah, A. . (2023). Strategi Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 104235 Desa Naga Timbul. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 625–631. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.298