Relasi Dengan Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.303Abstract
Komunikasi interaksi orang tua dibutuhkan remaja dalam relasi yang harmonis. Jika remaja tidak mendapatkannya di usia krisis ini, akan menimbulkan masalah. Mereka akan berperilaku maladaptif, agressif, melarikan diri dari persoalan. Sehingga diperlukan peningkatan kemampuan berelasi orang tua dengan remaja. Peningkatan dilaksanakan di SMAN 2 Medan dengan melibatkan 50 orang tua siswa bersedia mengikuti kegiatan. Metode yang digunakan: 1) Workshop penguatan literasi berdiferensiasinya remaja, 2) Coaching dan pendampingan mengintegrasikan keterampilan filial, 3) Latihan simulasi berelasi dengan remaja. Kegiatan dilaksanakan dari bulan Maret hingga Juli tahun 2023. Evaluasi terhadap kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan literasi orang tua terutama dalam mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, mengkoputasi, mengokumikasikan, menggunakakan simbol visual, auditori, digital dalam modalitas belajar, tipe kepribadian dan bahasa kasih remaja. Kemudian terdapat peningkatan dan integrasi keterampilan filial orang tua dalam menyepakati batasan, memberi perhatian, merefleksi dan mengambil keputusan. Sejalan dengan peningkatan tampak terjadi juga peningkatan kemampuan orang tua dalam berelasi yang aman dengan remaja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Milfayetty, Sri Minda Murni, Rahmulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).