Pemanfaatan Wordwall Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru-Guru Di Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.321Abstract
Kompetensi Pedagogi merupakan bekal dasar yang wajib dimiliki oleh seluruh guru, peningkatan kompetensi pedagogi dapat diperoleh dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan melalui kegiatan pelatihan. Mitra masyarakat pada PKM ini adalah guru-guru KKG Gugus IV Cut Mutia Kota Langsa. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa masih banyak guru-guru yang belum memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, padahal fasilitas pendukung seperti infokus, Chromebook dan lain-lain tersedia. Berdasarkan kenyataan tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu guru-guru agar secara kreatif dan inovatif dapat mengembangkan media pembelajaran berbantuan website wordwall. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan melalui empat rincian kegiatan yaitu: sosialisasi, bimtek, pelatihan, dan pendampingan pengembangan media pembelajaran wordwall sebagai bentuk upaya peningkatan kompetensi pedagogi guru. Dari kegiatan ini dihasilkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi pedagogi guru dalam menyiapkan media pembelajaran melalui website wordwall. guru-guru KKG Gugus IV Cut Mutia Kota Langsa setelah menerima materi pelatihan terkait pemanfaatan wordwall sebagai pendukung peningkatan kompetensi pedagogi yang disampaikan oleh narasumber. Peningkatan terlihat dari persentase rerata sebesar 89,81% dari persentase sebelumnya yaitu 46,79%. Hasil media guru-guru juga terbukti inovatif yang akan diimplementasikan di sekolahnya masing-masing sebagai tindak lanjut dari kegiatan PKM. Dari temuan disampaikan rekomendasi dan saran kepada guru-guru untuk membentuk komunitas belajar sebagai wadah berbagi praktik baik dan saling berbagi informasi tentang penggunaan media pembelajaran berbantuan website wordwall.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asnawi,Bunga Mulyahati,Usman,Rapita Aprilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).