Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.322Abstract
Literasi numerasi merupakan salah satu kompetensi penting pada Abad-21. Literasi numerasi juga termasuk ke dalam literasi dasar yang penting untuk ditingkatkan bagi siswa Indonesia sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Peran guru di sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Namun hasil observasi awal ditemukan bahwa pemahaman guru-guru SD di KKG gugus IV Mutia Kota Langsa mengenai literasi numerasi masih rendah. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan kegiatan PKM dengan cara mengoptimalisasi GLS melalui desain kelas literasi numerasi di sekolah dasar. PKM dilakukan dengan rincian kegiatan yaitu: sosialisasi, bimtek, pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru mengenai desain kelas numerasi. Peserta kegiatan adalah guru-guru yang tergabung dalam KKG Gugus IV Cut Mutia Kota Langsa. Kegiatan PKM ini membantu guru-guru SD KKG gugus IV Cut Mutia Kota Langsa dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman agar dapat membuat desain kelas numerasi yang menarik untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman literasi numerasi guru dalam optimalisasi gerakan literasi sekolah melalui desain kelas literasi numerasi yang berdampak pada kreativitas dan inovatif guru dalam merancang desain kelas literasi numerasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fadhil Sidiq, Inge Ayudia, Tri Mustika, Juliati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).