Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa

Authors

  • Fadhil Sidiq Universitas Samudra
  • Inge Ayudia Universitas Samudra
  • Tri Mustika Sarjani Universitas Samudra
  • Juliati Juliati Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.322

Abstract

Literasi numerasi merupakan salah satu kompetensi penting pada Abad-21. Literasi numerasi juga termasuk ke dalam literasi dasar yang penting untuk ditingkatkan bagi siswa Indonesia sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Peran guru di sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Namun hasil observasi awal ditemukan bahwa pemahaman guru-guru SD di KKG gugus IV Mutia Kota Langsa mengenai literasi numerasi masih rendah. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan kegiatan PKM dengan cara mengoptimalisasi GLS melalui desain kelas literasi numerasi di sekolah dasar. PKM dilakukan dengan rincian kegiatan yaitu: sosialisasi, bimtek, pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru mengenai desain kelas numerasi. Peserta kegiatan adalah guru-guru yang tergabung dalam KKG Gugus IV Cut Mutia Kota Langsa. Kegiatan PKM ini membantu guru-guru SD KKG gugus IV Cut Mutia Kota Langsa dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman agar dapat membuat desain kelas numerasi yang menarik untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman literasi numerasi guru dalam optimalisasi gerakan literasi sekolah melalui desain kelas literasi numerasi yang berdampak pada kreativitas dan inovatif guru dalam merancang desain kelas literasi numerasi.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Sidiq, . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . F., Ayudia, I. ., Sarjani, T. M. ., & Juliati, J. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69–75. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.322