Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Inteligences (AI) Mentimeter Bagi Dosen Pemula Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Yang Interaktif Dan Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.328Abstract
Pelatihan teknis penggunaan aplikasi Mentimeter dengan kecerdasan buatan (AI) untuk para dosen pemula ialah langkah yang diambil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi menjadi lebih interaktif dan inovatif. Di era pendidikan digital, aplikasi AI seperti Mentimeter menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran yang berfokus pada partisipasi siswa. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan manfaat dari pelatihan ini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan perguruan tinggi. Pelatihan mencakup pemahaman dasar tentang Mentimeter, cara praktis dalam mengintegrasikannya dalam pembelajaran, serta strategi untuk memanfaatkannya dalam metode pengajaran. Dosen pemula diberikan kesempatan untuk berlatih, memahami fitur-fitur AI yang relevan, serta merancang sesi pembelajaran interaktif yang melibatkan mahasiswa. Hasil kajian memperlihatkan jika pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan dosen pemula dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan inovatif. Aktivitas interaktif mahasiswa melalui Mentimeter meningkat, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman mereka serta tingkat partisipasi. Pelatihan ini juga mendorong dosen pemula untuk mengadopsi teknologi AI dalam metode pengajarannya. Oleh karenanya, pelatihan teknis AI Mentimeter memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dengan menyediakan alat yang mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif di lingkungan akademik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gatot Wijayanto, Yutiandry Rivai, Jusatria, Ida Bagus Made Wisnu Parta, Archristhea Amahoru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).