Pelatihan Dan Pendampingan Dalam Pembuatan E-Modul Bermuatan Numerasi Pada Kurikulum Merdeka Di SDN 184 Pekanbaru

Authors

  • Siti Quratul Ain Ain Universitas Islam Riau
  • Yenni Yunita Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.333

Abstract

Kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia. Perubahan kurikulum dan penerapan kurikulum baru (kurikulum merdeka) masih menimbulkan kesulitan bagi guru termasuk guru sekolah dasar (SD). Hal ini disebabkan karena masih kurangnya pelatihan-pelatihan implementasi kurikulum merdeka dari pemerintah. Sebagian guru belajar secara mandiri dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka yaitu modul ajar. Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru. Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru SDN 184 Pekanbaru dalam membuat e-modul ajar berbasis numerasi. Tempat pengabdian dilakukan di SDN 184 Pekanbaru. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tahapan observasi dilapangan, pelatihan dan pendampingan pembuatan e-modul. Pelaksanaan pengabdian dilakukan selama 2 kali pertemuan. Adapun hasil pengabdian yang dilakukan menenjukkan bahwa guru-guru antusias dengan kegiatan yang dilakukan. Guru-guru ikut berpartisipasi dalam dan aktif pada pelaksanaan kegiatan pengabdian. Pada kegiatan penutup dan evaluasi,  perwakilan guru SDN 184 Pekanbaru menyampaikan harapannya agar kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat berkelanjutan dengan tema atau topik yang berbeda.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Ain, S. Q. A., Yunita, Y., & Mustika, D. . (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Dalam Pembuatan E-Modul Bermuatan Numerasi Pada Kurikulum Merdeka Di SDN 184 Pekanbaru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 155–159. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.333