Pelatihan Dan Pendampingan Dalam Pembuatan E-Modul Bermuatan Numerasi Pada Kurikulum Merdeka Di SDN 184 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.333Abstract
Kurikulum merdeka sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia. Perubahan kurikulum dan penerapan kurikulum baru (kurikulum merdeka) masih menimbulkan kesulitan bagi guru termasuk guru sekolah dasar (SD). Hal ini disebabkan karena masih kurangnya pelatihan-pelatihan implementasi kurikulum merdeka dari pemerintah. Sebagian guru belajar secara mandiri dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka yaitu modul ajar. Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru. Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru SDN 184 Pekanbaru dalam membuat e-modul ajar berbasis numerasi. Tempat pengabdian dilakukan di SDN 184 Pekanbaru. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tahapan observasi dilapangan, pelatihan dan pendampingan pembuatan e-modul. Pelaksanaan pengabdian dilakukan selama 2 kali pertemuan. Adapun hasil pengabdian yang dilakukan menenjukkan bahwa guru-guru antusias dengan kegiatan yang dilakukan. Guru-guru ikut berpartisipasi dalam dan aktif pada pelaksanaan kegiatan pengabdian. Pada kegiatan penutup dan evaluasi, perwakilan guru SDN 184 Pekanbaru menyampaikan harapannya agar kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat berkelanjutan dengan tema atau topik yang berbeda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Quratul Ain Ain, Yenni Yunita, Dea Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).