Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang

Authors

  • Warneri Warneri Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.334

Abstract

Pada tahun ajaran 2023/2024 ini implementasi kurikulum merdeka sudah hampir menyeluruh diseluruh jenjang pendidikan termasuk SMA, salah satunya SMA N 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Perubahan kurikulum terjadi membuat sekolah perlu beradaptasi dengan cepat guna memahami dan memudahkan dalam mengimplemntasikan kurikulum baru. Adapun tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru-guru terhadap implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam PKM Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang ini adalah diskusi interaktif. Dalam pkm ini ada beberapa materi terkait kurikulum merdeka yang disampaikan oleh Tim PKM. Adapun materi yang disampaikan dalam PKM ini sebagai berikut: Kebijakan Kurikulum Merdeka Panduan Kurikulum Merdeka Dari kegiatan PKM ini peserta dapat lebih memahami dasar dari penereapan kurikulum merdeka. Guru dapat memahami dengan lebih baik esensi dan tujuan kurikulum yang diterapkan, serta bagaimana kurikulum tersebut mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Mereka mampu merinci struktur dan komponen kurikulum, serta menyadari relevansinya dengan kebutuhan siswa. implementasi kurikulum merdeka di SMA N 1 Seluas Kabupaten Bengkayang merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penguatan implementasi kurikulum di sekolah memastikan bahwa materi pembelajaran yang penting diajarkan secara konsisten, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan memberdayakan guru dengan pelatihan dan dukungan yang diperlukan. Perubahan kurikulum juga dipengaruhi oleh perkembangan dalam penelitian pendidikan dan pemahaman lebih baik tentang cara manusia belajar.

Kata Kunci: guru, kurikulum merdeka, kebijakan, panduan

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Warneri, W. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 210–215. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.334