Implementasi Penerapan Latihan Teknik Dasar Pencak Silat dalam meningkatkan pembelajaran Pada kelompok Guru Olahraga Se-Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.362Abstract
Pembelajaran pencak silat diberikan mulai tingkat sekolah dasar. Materi pencak silat dalam substansi PJOK memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian tujuan pendidikan Nasional. Pencak silat mengandung unsur pembelajaran yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. materi pencak silat tercantum dalam kurikulum pembelajaran disekolah. Untuk mewujudkan pencapaian tujuan dalam pembelajaran beladiri pencak silat di Sekolah, maka peran guru dalam implementasinya sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran beladiri pencak silat dapat berlangsung lancar jika pada proses pelaksanaan dan setelah proses pembelajaran dilaksanakan guru meguasai materi yang mau diajarkan kepada peserta didik atau siswa. Pembelajaran yang baik haruslah memenuhi kriteria daya tarik, daya guna (efektivitas), dan hasil guna (efisiensi) sehingga hasil pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi keefektifan, efisiensi, dan daya tarik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu Implementasi Penerapan Latihan Teknik Dasar Pencak Silat dalam meningkatkan pembelajaran Pada kelompok Guru Olahraga Se Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini konvensional yaitu paparan materi, diskusi dan latihan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kamarudin, Rhani Febria, Sasmarianto, Wahyuni Ramalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).