Penerapan Kearifan Lokal Poda Na Lima Melalui Pelatihan Eco-Brick Di SMK Swasta Karya Tarutung, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara

Authors

  • Roida Lumbantobing Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia
  • Feriel Amelia Sembiring Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia
  • Omta Purba Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia
  • Wensdy Sitindaon Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia
  • Hanna Dewi Aritonang Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.369

Abstract

Permasalahan sampah dari tahun ke tahun menjadikan Indonesia adalah negara dengan tingkat kecemarannya tinggi, terutama dari sampah plastik bekas yang proses terurainya begitu lama bahkan sampai ratusan tahun lamanya. Sampah-sampah plastik dapat dikurangi dengan memanfaatkan sampah tersebut menjadi barang bernilai manfaat dan juga sebagai penghias lingkungan. Pemanfaatan sampah plastik dalam pembuatan beberapa barang atau yang dikenal dengan istilah ecobrick memberikan makna kearifan lokal bagi masyarakat terkhususnya suku Batak yakni poda na lima di mana salah satunya adalah paias pakaranganmu (bersihkan lingkunganmu). Metode yang dilakukan adalah observasi dan wawancara guna eksplorasi lapangan. Tahapan kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pembukaan, pemaparan materi dan pelatihan ecobrick. Hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman tentang pemanfaatan sampah plastik oleh siswa-siswi SMK Karya Tarutung dan meningkatkan ketrampilan menjadi furniture berupa kursi sofa dan meja kecil yang bermanfaat dan bernilai ekonomis..

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Lumbantobing, . R., Sembiring, F. A., Purba, O. ., Sitindaon, W., & Aritonang, . H. D. (2023). Penerapan Kearifan Lokal Poda Na Lima Melalui Pelatihan Eco-Brick Di SMK Swasta Karya Tarutung, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 259–267. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.369