Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD Di Kabupaten Inhil

Authors

  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.38

Keywords:

Modul Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Pelaksanaan pengabdian di latar belakangi banyaknya keluhan guru SD/MI negeri atau swasta yang kesulitan dalam menyusun modul SD. Selain itu, tuntutan pelaksanaan penelitian harus dilakukan oleh guru-guru dalam melakukan peningkatan kualitas pedagogik pendidik. Berdasarkan hal ini pengabdian ini perlu dilakukan dengan pasal sampai dengan pasal sampai dengan laporan Penyusunan modul pembelajaran SD. Undang-Undang No.14 Tahun 2005 mengenai guru dan dosen menyatakan dengan tegas bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, dan sebagainya. Dengan adanya modul membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan rasa percaya diri guru, serta memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya. Tidak hanya itu, peserta didik juga akan terus merefleksi diri sebagaimana yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil pengabdian ini adalah peserta dapat memahami melakukan dan membuat laporan Penyusunan Modul. Selain itu juga, adanya pengabdian ini dapat memberikan pencerahan kepada peserta yang ingin menyusun Laporan mengenai penyusunan Modul Pembelajaran SD. Kegiatan pelatihan penyusunan modul bagi guru SDN 031 Suhada mendapat sambutan yang baik dari peserta. Keadaan ini dapat dilihat dari kehadiran peserta yang semuanya hadir mengikuti kegiatan pelatihan ini. Peserta mendapatkan pemahaman yang baru dalam hal pengembangan perangkat pembelajaran berupa modul yang selama ini belum pernah mendapatkan materi atau pelatihan. Peserta antusias dengan terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan. Karena keterbatasan waktu, klinik penyusunan modul dilakukan secara online baik melalui email maupun whataps.  Sehingga targetnya adalah guru dapat mengembangan modul yang utuh dan dapat dilaksanakan dalam pencapaian tujuan pembelajaran

References

Gie, The Liang. 2002. Pengantar Dunia Mengarang. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Prastowo, Andi. (2016). Memahami Metod-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Suparno, Yunus Muhamad. 2004. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: CV.Citra Mandiri Utama

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Sudjana Jeung Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Ramadan, Z. H., & Ain, S. Q. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD Di Kabupaten Inhil. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 34–39. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.38