Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD Di Kabupaten Inhil
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.38Keywords:
Modul Pembelajaran, Sekolah DasarAbstract
Pelaksanaan pengabdian di latar belakangi banyaknya keluhan guru SD/MI negeri atau swasta yang kesulitan dalam menyusun modul SD. Selain itu, tuntutan pelaksanaan penelitian harus dilakukan oleh guru-guru dalam melakukan peningkatan kualitas pedagogik pendidik. Berdasarkan hal ini pengabdian ini perlu dilakukan dengan pasal sampai dengan pasal sampai dengan laporan Penyusunan modul pembelajaran SD. Undang-Undang No.14 Tahun 2005 mengenai guru dan dosen menyatakan dengan tegas bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, dan sebagainya. Dengan adanya modul membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan rasa percaya diri guru, serta memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya. Tidak hanya itu, peserta didik juga akan terus merefleksi diri sebagaimana yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil pengabdian ini adalah peserta dapat memahami melakukan dan membuat laporan Penyusunan Modul. Selain itu juga, adanya pengabdian ini dapat memberikan pencerahan kepada peserta yang ingin menyusun Laporan mengenai penyusunan Modul Pembelajaran SD. Kegiatan pelatihan penyusunan modul bagi guru SDN 031 Suhada mendapat sambutan yang baik dari peserta. Keadaan ini dapat dilihat dari kehadiran peserta yang semuanya hadir mengikuti kegiatan pelatihan ini. Peserta mendapatkan pemahaman yang baru dalam hal pengembangan perangkat pembelajaran berupa modul yang selama ini belum pernah mendapatkan materi atau pelatihan. Peserta antusias dengan terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan. Karena keterbatasan waktu, klinik penyusunan modul dilakukan secara online baik melalui email maupun whataps. Sehingga targetnya adalah guru dapat mengembangan modul yang utuh dan dapat dilaksanakan dalam pencapaian tujuan pembelajaranReferences
Gie, The Liang. 2002. Pengantar Dunia Mengarang. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Prastowo, Andi. (2016). Memahami Metod-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Suparno, Yunus Muhamad. 2004. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: CV.Citra Mandiri Utama
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sudjana Jeung Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).