Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Promosi Usaha Homestay di Kepulauan Fam, Kabupaten Raja Ampat

Authors

  • Dwi Indah Widya Yanti Universitas Kristen Papua
  • Ivonne M Leiwakabessy Universitas Kristen Papua
  • Melisa Ch Masengi Universitas Kristen Papua
  • Ade Andriani Renouw Universitas Kristen Papua
  • Andrei Maryen Universitas Kristen Papua
  • Roger R Tabalessy Universitas Kristen Papua
  • Novalin Syauta Universitas Kristen Papua
  • Lili Sarce Joi Sapari Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.399

Abstract

Pengelolaan homestay di Kampung Pam memiliki media informasi namun bersifat umum, sehingga homestay belum dikelola secara baik dengan menggunakan digital marketing, maka sangat diperlukan pelatihan terkait digital marketing yang memuat konten-konten yang menarik. Hasil yang diperoleh adalah : 1) Di era sekarang ini, para pelaku usaha homestay hendaknya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh homestay tersebut; 2)  Perkembangan teknologi digital memungkinkan para pelaku usaha homestay untuk memasarkan produknya secara online dan melakukan transaksi melalui sistem perbankan secara online pula; 3) .homestay  merupakan salah satu sektor usaha yang penting di Indonesia karena memiliki peranan yang penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Akan tetapi, masih banyak usaha homestay yang belum menerapkan teknologi informasi khususnya menggunakan media digital dan belum mengerti seberapa besar manfaat dan peranan penggunaan media digital tersebut; 4) Hasil yang didapat dari kegiatan pengabdian ini yaitu pemberian pelatihan mengenai pemanfaatan digital marketing sebagai sarana pemasaran produk usaha kemudian dilanjutkan dengan pemberian tutorial pembuatan akun di media digital yang berpotensi untuk memperluas jangkauan pemasaran usaha homestay. Media digital yang digunakan di sini adalah Google Bisnis dan Media Sosial yaitu Instagram. Di sini, pelaku usaha diberikan tutorial dan praktek membuat akun di ke dua media digital tersebut beserta cara mengoptimalkan ke dua media digital tersebut sebagai sarana promosi untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas sehingga mampu mendorong penjualan produk yang lebih baik.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Yanti, D. I. W. ., Leiwakabessy, I. M. ., Masengi, M. C. ., Renouw, A. A. ., Maryen, A. ., Tabalessy, R. R. ., Syauta, N. ., & Sapari, L. S. J. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Promosi Usaha Homestay di Kepulauan Fam, Kabupaten Raja Ampat. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 410–416. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.399