Pelatihan Menyusun Bahan Ajar untuk Pengembangan Bahasa Arab Hikmah Di Ponpes Al Hikmah Karangmojo Gunung kidul
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.4Keywords:
Metode Langsung, Bahan Ajar, Desain Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Menyusun bahan ajar adalah salah proses penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. Khususnya, pembelajaran bahasa asing menggunakan metode langsung (direct method). Bahan ajar yang tepat akan mempermudah pengajar dan peserta didik dalam menguasai dasar-dasar bahasa asing. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan menyusun bahan ajar bahasa Arab berbasis mufradÄt yawmiyah (kosakata harian) terhadap 6 guru penanggungjawab program bahasa di Ponpes Al Hikmah Karangmojo. Dilanjutkan dengan uji coba bahan ajar kepada 42 calon pengajar bahasa dari pengurus organisasi santri. Penelitian ini menghasilkan, bahwa dalam proses penyusunan bahan ajar, perlu memetakan sarana penunjang. Di antaranya adalah 1) indeks percakapan yang sering digunakan di pondok. 2) pemetaan kompetensi santri dalam berbahasa. 3) pembuatan materi secara berjenjang; dari sederhana hingga cukup.References
Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) dalam Pengajaran Bahasa Arab. Al-Maraji’ Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–24.
Budi, A. M. S., & Apud, A. (2019). Peran kurikulum kulliyatul mu’allimin al-islamiyah (kmi) gontor 9 dan disiplin pondok dalam menumbuhkembangkan karakter santri. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 1–10.
Hafidzuddin, S. (2020). Ringkasan transkrip wawancara dengan direktur Penyelenggaraan Kurikulum Pesantren (Hanung Hisbullah Hamda, S.H., M.Pd) (pp. 1–2). pp. 1–2.
Karmila, K. (2020). Manajemen Kurikulum pada Sekolah Berbasis Pesantren di SMP Al-Hikmah Karangmojo. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).
Rahmawati, F. A. (2020). Ringkasan transkrip wawancara dengan guru Bahasa Arab MA (Muhammad Taqiyuddin, S.H.I., M.Ag) (pp. 1–3). pp. 1–3. Karangmojo Gunungkidul.
Rahmawati, F. A., & Hafidzuddin, S. (2020). Notulasi Koordinasi bersama Dewan Asatidz Pesantren terkait program bahasa.
Rahmawati, F. A., Nur, I. R., & Taqiyuddin, M. (2021). Creative Language Games for Enjoyable Arabic Teaching l al-Al’ab al-Lughawiyyah al-Ibda’iyyah li Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah al-Mumti’ah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13(1), 108–128.
Taqiyuddin, M., & Rahmawati, F. A. (2020). Profil Pondok Pesantren Al Hikmah Karangmojo Gunungkidul 2020. https://doi.org/10.5281/zenodo.3861859
Zaid, A. H. (2012). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor). At-Ta’dib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, Fitra Awalia Rahmawati, Muhammad Wahyudi, Imroatul Istiqomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).