Pelatihan Menyusun Bahan Ajar untuk Pengembangan Bahasa Arab Hikmah Di Ponpes Al Hikmah Karangmojo Gunung kidul

Authors

  • Ahmad Hidayatullah Zarkasyi Universitas Darussalam Gontor
  • Fitra Awalia Rahmawati Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Wahyudi Universitas Darussalam Gontor
  • Imroatul Istiqomah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.4

Keywords:

Metode Langsung, Bahan Ajar, Desain Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Menyusun bahan ajar adalah salah proses penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. Khususnya, pembelajaran bahasa asing menggunakan metode langsung (direct method). Bahan ajar yang tepat akan mempermudah pengajar dan peserta didik dalam menguasai dasar-dasar bahasa asing. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan menyusun bahan ajar bahasa Arab berbasis mufradÄt yawmiyah (kosakata harian) terhadap 6 guru penanggungjawab program bahasa di Ponpes Al Hikmah Karangmojo. Dilanjutkan dengan uji coba bahan ajar kepada 42 calon pengajar bahasa dari pengurus organisasi santri. Penelitian ini menghasilkan, bahwa dalam proses penyusunan bahan ajar, perlu memetakan sarana penunjang. Di antaranya adalah 1) indeks percakapan yang sering digunakan di pondok. 2) pemetaan kompetensi santri dalam berbahasa. 3) pembuatan materi secara berjenjang; dari sederhana hingga cukup.

Author Biographies

Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, Universitas Darussalam Gontor

Pascasarjana Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Fitra Awalia Rahmawati, Universitas Darussalam Gontor

Department of Arabic Teaching

Muhammad Wahyudi, Universitas Darussalam Gontor

Department of Arabic Teaching

Imroatul Istiqomah, Universitas Darussalam Gontor

Department of Aqidah and Islamic Philosophy

References

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) dalam Pengajaran Bahasa Arab. Al-Maraji’ Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–24.

Budi, A. M. S., & Apud, A. (2019). Peran kurikulum kulliyatul mu’allimin al-islamiyah (kmi) gontor 9 dan disiplin pondok dalam menumbuhkembangkan karakter santri. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 1–10.

Hafidzuddin, S. (2020). Ringkasan transkrip wawancara dengan direktur Penyelenggaraan Kurikulum Pesantren (Hanung Hisbullah Hamda, S.H., M.Pd) (pp. 1–2). pp. 1–2.

Karmila, K. (2020). Manajemen Kurikulum pada Sekolah Berbasis Pesantren di SMP Al-Hikmah Karangmojo. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Rahmawati, F. A. (2020). Ringkasan transkrip wawancara dengan guru Bahasa Arab MA (Muhammad Taqiyuddin, S.H.I., M.Ag) (pp. 1–3). pp. 1–3. Karangmojo Gunungkidul.

Rahmawati, F. A., & Hafidzuddin, S. (2020). Notulasi Koordinasi bersama Dewan Asatidz Pesantren terkait program bahasa.

Rahmawati, F. A., Nur, I. R., & Taqiyuddin, M. (2021). Creative Language Games for Enjoyable Arabic Teaching l al-Al’ab al-Lughawiyyah al-Ibda’iyyah li Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah al-Mumti’ah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13(1), 108–128.

Taqiyuddin, M., & Rahmawati, F. A. (2020). Profil Pondok Pesantren Al Hikmah Karangmojo Gunungkidul 2020. https://doi.org/10.5281/zenodo.3861859

Zaid, A. H. (2012). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor). At-Ta’dib.

Downloads

Published

2021-03-23

How to Cite

Zarkasyi, A. H., Rahmawati, F. A., Wahyudi, M., & Istiqomah, I. (2021). Pelatihan Menyusun Bahan Ajar untuk Pengembangan Bahasa Arab Hikmah Di Ponpes Al Hikmah Karangmojo Gunung kidul. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 18–23. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.4